Beranda > Catatan Syam > Tentang Filosofi Pep Guardiola

Tentang Filosofi Pep Guardiola

sore tadi (26/7) pulang kantor beli majalah bola ; fourfourtwo edisi agustus 2011 dan baru sempat baca setelah usai laga audi cup 2011 antara barcelona versus sc internacional dinihari ini, yang dimenangkan oleh barcelona melalui drama adu. dengan skor 2 – 2, 4 – 2.

saya tertarik membeli majalah fourfourtwo karena “terpikat” oleh cover dan hl-nya ; pep guardiola. saya kagum dengan barcelona, dengan gaya mainnya dan filosofi permainan sepak bola yang mereka usung dan “haus” untuk lebih banyak tahu tentang ‘behind the story’ atau kisah dibalik layar kesuksesan barcelona meraih trofi champion, mengalahkan real madrid, juara la liga dan dinihari ini tadi ; mengalahkan sc internacional.

 

di majalah fourfourtwo, saya jadi tahu “sejarah” terbentuknya pep guardiola lebih dalam, pemikiran, filosofi yang dianut guardiola dan hingga bagaimana guardiola ‘bekerja” di pinggir lapangan hijau… sesuatu yang sangat menarik dan inspiratif untuk dijadikan bahan pelajaran hidup jika ingin sukses. berikut saya buat resume singkat setelah membaca tentang pep guardiola di majalah four-four two ;

filosofi-filosofi pep guardiola ;

“kita harus melompat ke gerbong yang mulai berjalan ini, kalau tidak kita akan ketinggalan kereta”

“buat saya semua upaya, kerja keras, perencanaan, konsentrasi dan disiplin jadi lebih bermakna jika kami melakukannya untuk publik barcelona”

“pep tidak cuma memberi perintah, tetapi juga menjelaskan kenapa dia menyuruh begitu. ini membuat kami jadi pemain yang lebih baik karena bisa belajar dan memahami alasan dibalik instuksi-instruksinya” pernyataan gerard pique.

“kami tidak bisa memberi janji akan merebut piala tertentu, tetapi kami tak akan pernah berhenti mencoba, tak akan pernah menyerah dan saya menganjurkan anda memasang sabuk prngaman..karena kita akan segera memulai perjalanan yang menyenangkan ini’

‘saya bersyukur mendapat kesempatan seperti itu, karena saya tak piunya pengalaman sebagai pelatih. saya perlu menang, karena kalau saya sukses akan punya kredibilitas. tapi kalau tidak, saya pasti dipecat. itulah hukum dibangku cadangan”

“kalau kalian pikir saya akan bersikap lunak, memberi kemudahan, hanya karena saya masih 37 tahun, maka kalian salah besar. harga diri dan ambisi saya sangat besar. mari kita tegaskan disini, kalian harus bekerja keras”

“ia tak pernah berhenti belajar, menyiapkan hal sampai ke detil, mengeluarkan upaya maksimal dari pemainnya sehingga kami siap menghadapi lawan. strategi pep bukan hanya disiapkan lewat berjam-jam menonton rekaman video, tetapii juga dari pengetahuan yang kaya sebagai manajer dan pemain” perkataan tito vilonova, asisten pep guardiola.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

