Beranda > Catatan Syam > untuk apa sekolah Part III

untuk apa sekolah Part III

Waktu berlalu begitu cepat dan kini aku sudah berstatus sebagai mahasiswa IAIN. Aku larut dalam kesibukan kuliah dan berbagai kegiatan sebagai mahasiswa baru di kampus.

Namun di benakku mulai berkecamuk pikiran : untuk apa aku kuliah ? aku bingung dan tidak bisa menjawabnya. Kuliah hanya sekedar menuntut ilmu ? atau hanya untuk senang-senang ?

Jujur saja orientasi awal aku kuliah tidak lebih dan tidak kurang hanya untuk kuliah itu semata. Tidak pernah terpikir, misal dengan kuliah untuk tujuan jadi Guru atau Pegawai Pemerintah. Terlebih setelah kegagalan di PMDK, aku tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk kuliah di jurusan favorit yang bisa menjamin masa depan yang lebih baik.

Hingga kemudian aku dibenturkan pada pilihan : tetap kuliah di IAIN atau aku memilih mundur. Bila aku memilih mundur, aku harus menanggung banyak kerugian. Tidak hanya biaya kuliah—SPP, sewa kost dan biaya hidup, dll—yang sudah banyak kukeluarkan tapi juga kerugian waktu, tenaga dan kesempatan.

Memilih untuk tetap bertahan kuliah, aku ragu dan bingung. selain kecamuk pikiran yang mempertanyakan : untuk apa kuliah (di IAIN) terus menerus menghantui, sisi lain setidaknyanya aku belum yakin betul bahwa aku akan mampu bertahan kuliah sampai lulus. bekal finansial yang kumiliki hanya untuk satu tahun saja, selebihnya aku harus berpikir bagaimana mencarinya.

Akhirnya aku memilih untuk mundur. Berat memang harus merelakan semuanya yang sudah kumulai dan lalui. Setelah melapor ke Bagian Administrasi Kemahasiswaan Kampus aku langsung bulik ke Kandangan dengan status mahasiswa D.O. (Drop Out).

Part IV
Surat pemberitahuan itu ternyata hanya memberiku waktu tidak lebih dari 2 x 24 jam untuk mempersiapkan diri. Setelah itu aku sudah harus ada di Bandara Syamsudin Noor tepat pukul 05.00 wita subuh.

Buatku ini sebuah keajaiban sekaligus berkah yang sangat luar. Surat pemberitahuan itu menyatakan aku lulus dan diterima jadi mahasiswa disebuah perguruan tinggi di Bandung Jawa Barat dengan status mahasiswa ikatan dinas.

unfinished

Kategori:Catatan Syam
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

