Beranda > Catatan Syam > TENTANG MANFAAT BANGUN PAGI

TENTANG MANFAAT BANGUN PAGI

bangun tidur…tidur lagi…—(alm) mbah surip

dihari libur, terutama sabtu dan minggu virus malas bangun pagi entah kenapa selalu saja datang menyergap dan sulit sekali untuk di-remove. enak dan nyaman memang bersembunyi dan bermalas-malasan dibalik hangatnya selimut dan membiarkan waktu berlalu begitu saja…sebuah waktu untuk melupakan segenap masalah dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan.

sebenarnya untung apa rugi ya bangun malandau (bhs banjar) alias bangun kesiangan itu ?

suatu waktu saya berselancar di internet juga membaca sebuah majalah lawas dan mendapatkan beberapa info tentang manfaat bangun pagi. berikut resume versi saya ttg beberapa manfaat bangun pagi :

start from here (kehidupan bermula dipagi hari)

pagi adalah simbol permulaan juga pertanda dari kecepatan. siklus kehidupan kita tiap harinya pasti dimulai di pagi hari dan dan diakhiri di malam hari.

hidup ini seperti sebuah kompetisi, persaingan dan bahkan perebutan kesempatan. siapa terlambat tak akan mendapat.dengan bangun pagi artinya kita sudah start lebih awal dan lebih cepat dan akan mendapatkan lebih akan banyak hal dibanding orang yang bangun lebih siang.

pagi adalah simbol kesegaran

Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise”

dibalik suasana pagi yang tenang ada kesegaran udara yang menyegarkan tubuh, menenangkan pikiran dan memperkuat daya ingat. dengan bangun bagi, di waktu yang hening dan tenang saat baik bagi kita untuk menggali dan merenungi suatu ilmu, misal dengan membaca buku.

mungkin kita masih belum sempat membaca buku “7 keajaiban rezeki”-nya Ippho Santosa, nah ketika otak masih dalam keadaan fresh di pagi hari, membaca buku ini bermanfaat untuk pengembangan diri jadi lebih baik

waktu yang kita miliki jadi terasa lebih banyak

durasi waktu yang kita miliki dalam sehari adalah cuma 24 jam, tidak bisa bertambah ataupun berkurang, flat sudah segitu. kadang, kita sering mengeluh karena keterbatasan waktu tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam satu hari.

nah, untuk memiliki waktu yang lebih banyak adalah dengan cara bangun lebih pagi sebelum jam rutin kita beraktivitas. misal biasa kita bangun pagi jam 06.30 dan mulai beraktivitas pukul 07.00, maka kita bisa bangun jam 05.00, ada “tambahan” waktu satu jam setengah yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan banyak hal. Entah waktu itu bisa kita gunakan membereskan hal-hal kecil dari pekerjaan kita hari ini. men-cek kelengkapan pekerjaan yang harus kita bawa ke kantor atau pun bisa digunakan untuk membersihkan kamar maupun halaman rumah.

berkah dan rahmat Tuhan ada di pagi hari

Allah swt membukakan pintu rahmat-Nya yang amat luas pada pagi hari hingga terbitnya matahari. dari ayat Al Qur’an (Al Kahfi : 28) hingga hadist Nabi menerangkan kalau ada banyak sekali rahmat Allah di waktu pagi, mulai dari limpahan pahala yang begitu banyak, ampunan dosa yang lebih banyak dari buih di laut dan terhindar dari jilatan api neraka.

 

dari empat manfaat di atas, sekarang saya mulai berusaha keras men-scan virus malandau sehingga bisa bangun pagi dan tidak hanya di hari libur tapi juga di hari kerja.

nah, bagaimana dengan kawan barataan ? masih rajinkah bangun malandau ? he..he…

salam

Kategori:Catatan Syam
  1. Februari 15, 2011 pukul 1:10 am

    budayakan bangun pagi

  2. iwa
    Oktober 9, 2011 pukul 1:47 pm

    apa tipsnya nayaman kada malandau bangun guringnya ???

  3. fera
    Juli 20, 2012 pukul 6:31 am

    haiyyyuuuk biasakan bangun pagi sblm subuh =D

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: