Beranda > Catatan Syam > sore hari enaknya : reading newspaper (2)

sore hari enaknya : reading newspaper (2)

sudah menjadi kebiasaan, saya hanya “punya waktu” sore hari untuk baca koran dan sudah menjadi kebiasaan juga, baca korannya dirapel, ya seperti sore kali ini (7/2/2011) saya baca koran untuk lima hari sekaligus, yaitu mulai tanggal 2,4,5,6,7 Pebruari 2011. untuk tanggal 3 koran tidak terbit karena bertepatan dengan libur imlek. seperti biasa, koran yang saya baca adalah kompas dan ditambah satu koran lokal Banjarmasin Post (7/2/2011).

dan, seperti biasa pula dalam prosesi membaca surat kabar ini, saya tak mengikutsertakan kudapan pisang goreng, tanpa segelas kopi/teh hangat. he…he…

buat saya pribadi, membaca surat kabar tidak sekedar ritual “membuang waktu” menunggu senja, ataupun semacam tabiat “orang pintar” yang ogah ketinggalan informasi. membaca surat kabar adalah proses dimana saya bisa masuk ke “dunia lain” kehidupan manusia, kehidupan dimana peristiwa / kejadian sudah, sedang dan akan berlangsung. semua kejadian, peristiwa tersebut memberi suatu perspektif baru, inspirasi hingga godaan-godaan konsumerisme di ranah otak saya…dan begitulah, sore ini saya larut, tenggelam dalam bacaan saya, surat kabar…

>>> yang saya dapati dalam surat kabar kompas edisi 2 pebruari 2011 :

halama muka surat kabar kompas, masih diisi dengan berita politik dan ekonomi. hanya satu kolom yang menarik dan juga inspiratif, yaitu tentang kisah peranakan tionghoa di bali. untuk halaman-halaman berikutnya pula diisi berita politik, hukum, ekonomi, kriminal, pemerintahan…seperti biasa, hal-hal seperti itulah yang kini terjadi di Indonesia.

hanya dihalaman olah raga dan nama & peristiwa yang cukup menarik perhatian saya, dan setidaknya menyegarkan otak : di olah raga ada kabar tentang bursa transfer pemain bola di liga inggris, sebuah drama kepindahan Fernando Torres dari klub Liverpool ke Chelsea, yang konon Torres menjadi pemain termahal yang pernah dihargai satu klub di inggris.

menjadi lebih menarik lagi, drama transfer pemain ini, dari berita yang saya baca : ketika helikopter torres mendarat di Stamford Bridge mendarat, di wilayah lain, Andy Carrol, pemain klub Newcastle mendarat di Merseyside, Liverpool. Dibagian lain, diterbangkan pula Luis Suarez dari Ajax Belanda. Sementara Chelsea mendatangkan pula ke Stamford Bridge, David Luiz, bek klub Benfica, Portugal.

hebat dan fantastis, bagaimana sibuk dan repotnya para petinggi klub Liverpool dan Chelsea, agen dan pemain menjelang batas waktu akhir jendela transfer berburu waktu, tidak hanya menyelesaikan proses transfer pemain tapi juga transfer jutaan poundsterling.

berita kepindahan torres ke Chelsea pun, tidak hanya tentang rekor uang transfer tapi juga memantik perhatian lebih dari berbagai pihak. karena dibalik kepindahan torres, ada kisah tentang kesetian, loyalitas, uang, penghianatan dan kebencian.

saya jadi berpikir, menebak alasan kepindahan torres, apa karena uang atau hal lain ya ? saya ingin kutipkan tanggapan torres atas kontroversi kepindahannya ke Chelsea :

“ini adalah langkah besar ke depan dalam karier saya untuk bergabung dengan klub seperti Chelsea”

“Chelsea menjadi target bagi setiap pemain sepak bola. Semua ingin bermain di satu klub papan atas dunia”

begitulah alasannya torres, demi karier dan motivasi bermain di klub papan atas dunia. Okelah, dari pada saya pusing tebak menebak, lanjut ke halaman berikutnya sajalah : halaman nama dan peristiwa, ada berita tentang Heidi Klum (37) model asal negara Jerman, yang katanya lagi membuat sebuah situs tentang topic kecantikan, hubungan asmara, metode pengasuhan dan mode. Ada juga tentang Igor Saykoji (27), yang katanya bikin lagu berdasarkan perkembangan situasi dalam waktu singkat dan dalam membuat lagu sesuai dengan jadwal rilis yang telah ditetapkan. terakhir, ada info tentang Gita Gutawa (17) dan rencana konser yang akan digelar ayahnya, Erwin Gutawa (37) bulan Februari ini di Jakarta Konvention Center.

Ufts….sebelum lanjut ke surat kabar edisi 4 februari 2011. saya lupa kalaunya di suratkabar kompas, yang terbit tanggal 2 Februari ini juga ada liputan khusus tentang negeri cina. tapi saya tidak ingin menuliskannya disini, untuk uraian lengkapnya saya akan buat tulisan tersendiri, khusus tentang liputan khusus edisi 2 februari 2011 ini.

>>> selanjutnya adalah surat kabar kompas edisi 4 pebruari 2011.

dominasi berita politik, ekonomi, hukum dan kiriminal masih mewarnai halaman surat kabar kompas tanggal 4 pebruari ini. headline-nya adalah tentang situasi di mesir yang makin genting. ada juga beberapa berita tentang perayaan imlek di tanah air. dihalaman 6 kolom opini, ada tulisan yang sangat menarik dan berkesan bagi saya, yaitu opini tentang mesir yang ditulis oleh mantan wakil presiden m yusuf kalla, sangat bernas, jernih dan “bergizi’ tulisan beliau.

dihalaman berikutnya, me-refresh pikiran lagi…he…he…dari pada suntuk baca berita politik, lebih baik baca berita tentang artis dan olah raga. di halaman nama & peristiwa ada cerita si cantik artis Olga Lydia dan perayaan Imlek-nya, ada tentang Charles Bonar Sirait yang sudah meluncurkan buku dan akan kembali meluncurkan buku barunya lagi. Menarik neh, buku yang ditulis oleh Charles tentang komunikasi yang berjudul : the power of public speaking : kita sukses berbicara di depan publik. Bisa menambah pengetahuan tentang komunikasi.

berita yang tak kalah menarik, tentang sebuah band beraliran blues, gugun blues shelter. Salutnya band ini ternyata lebih bergaung dan terkenal diluar negeri dari pada di tanah air. katanya pada bulan mei di depan, band ini yang digawangi Muhammad Gunawan (gitar & vokal), Jono atau Jon Armstrong (bas), Bowie / Aditya Wibowo (drum) akan kembali pentas ke Inggris. hebat kan ? nah, katanya juga akan invasi ke Amerika Serikat dengan merilis album khusus dibawah label Solid Ground pada April 2011. mantap.

lanjut ke berita olah raga, ada kisah lanjutan tentang Luis Suarez yang pindah klub ke Liverpool, tanpa sempat latihan, Suarez mencetak gol dalam debut perdananya dan membawa Liverpool menang 2 – 0 atas Stoke City pada pertandingan lanjutan liga Primer Inggris di Anfield (2/2/2011). Hasil pertandingan liga inggris lainnya adalah Manchester City yang ditahan imbang 2 – 2 oleh Birmingham City. di liga Seria A Italia ada tentang Juventus yang kehilangan aura juara-nya, setelah bermain imbang dengan Sampdoria, kalah 1 – 2 dikandang oleh Udinese dan kemudian takluk takluk 1 – 2 ketika bertandang ke Palermo.

>>> lanjut lagi ke surat kabar kompas edisi 5 pebruari 2011.

dihari sabtu, 5 pebruari 2011 ini, berita tentang mesir jadi headlines di surat kabar kompas. Diantara berita politik dan ekonomi, ada informasi menarik tentang Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

Diantara berita politik, hukum, kriminal hingga berita dunia internasional dihalaman berikutnya saya lewatkan saja, karena saya masih malas untuk membaca dan membahasnya. Saya lompat ke halaman 16 dan 20, ada cerita menarik dan inspiratif tentang sosok atau profil yang sukses dalam berbisnis usaha kecil menengah.

cerita pertama, adalah tentang sosok seorang bernama Wahyudi, yang pada mulanya diceritakan adalah petani penggarap yang tidak memiliki lahan pertanian. dengan berbekal ketekunan dan keuletan meski tidak tamat sekolah dasar bisa sukses dan mampu memperbaiki nasib lewat budidaya tanaman bunga hias di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Cerita kedua, adalah tentang Arini Khoiriah (36), “pengusaha” pembuatan lilin yang berdomisili di Solo, Jawa Tengah. Fokus utama produksi lilin Bu Arini adalah lilin dekoratif dengan berbagai macam bentuk dan juga memproduksi lilin antinyamuk beraroma citronella.

konon, dikatakan omzet Bu Arini dengan usaha lilinnya ini minimal 30 jutaan per bulan. Sebagian besar produk lilin tersebut dipasarkan di Bali dengan bendera Mitra Setia Solo. Dalam memasarkan produknya Bu Arini juga memanfaatkan situs gratis yang beralamat di http://mitrasetiasolo.indonetwork.co.id. ada prinsip usaha yang sangat inspiratif dari bu Arini dalam menjalankan usahanya. berikut kutipan prinsip tersebut :
“kami ingin usaha maju tanpa menekan orang lain. kami yakin usaha kami akan berkembang meski harus setahap demi setahap”

Sekarang kita melompat lagi ke halaman favorit saya, olah raga dan nama & peristiwa. di halaman olah raga ada berita tentang Arsenal yang bersiap duel menghadapi Newcastle di Stadion St James Park (5/2) dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris. Ada juga kabar dari Pelatih MU Sir Alex Ferguson yang memuji striker Wayne Rooney dalam persiapan lawatan MU ke kandang Wolverhampton. Kata Sir Alex tentang Rooney : “Dia punya energi fantastis untuk berlaga. Dia selalu bertekad untuk menampilkan permainan terbaik”.

dari Liga Seri A Italia, ada kabar tentang kemenangan Inter Milan 3 – 0 atas Bari yang dengan hasil tersebut menjadikan Inter Milan masuk ke peringkat tiga, mendekatkan jarak dengan pimpinan klasemen sementara AC Milan dengan selisih 7 poin. Kabar lainnya ada dari Liga Spanyol, ini tentang Barcelona yang akan menorehkan sejarah baru persepakbolaan Spanyol jika mampu meraih kemenangan ke 16 kali secara beruntun dengan mengalahkan Atletico Madrid di Stadion Nou Camp (5/2).

diluar berita sepak bola, ada cerita dari atletik yaitu tentang atlet cantik dari Rusia, Yelena Isinbayeva yang akan kembali menyemarakkan kejuaraan-kejuaraan dunia lompat tinggi. Cerita lainnya ada datang dari balapan F1. ini tentang perempuan cantik juga, yaitu Monisha Kaltenborn, CEO Sauber Motorsport dengan cerita aktivitasnya dalam peluncuran mobil Sauber yang baru 2011 di sirkuit Valencia, Spanyol.

berlanjut ke halaman berikutnya, nama & peristiwa, ada tentang Caroline Zachrie yang lagi rajin latihan menyanyi untuk persiapan tampil duet dengan vokalis Band /rif, Andy /rif dalam sebuah acara yang akan digelar untuk menyambut Hari Valentine di Bandung Jawa Barat. Cerita kedua, ada tentang aktris berdarah Spanyol, Penelope Cruz (36) yang dikabarkan akan terlibat dalam sekuel film Pirates of The Caribean yang keempat yang diberi judul : Pirates of the Caribean : On Stranger Tides. Cruz memerankan sosok Angelica, anak perempuan dari legenda perompak BlackBeard.

>>> Kompas, tanggal 6 pebruari 2011

Ini surat kabar kompas edisi hari minggu, yang biasanya halamannya didominasi “berita-berita ringan” tentang seni, budaya, sosial, kehidupan urban, gaya hidup dan hiburan. untuk “berita berat” politik, hukum dan kawan-kawannya hanya ditampilkan sedikit. Untuk halaman depan, headline-nya mengangkat masalah gaya hidup masyarakat perkotaan, yaitu tentang operasi plastik.

sebelum “membedah” lebih jauh kompas edisi hari minggu ini, kita ke halaman olah raga dulu. disini ada kabar dari Liga Inggris, Torres siap gempur gawang bekas klubnya, Liverpool dalam pertandingan Chelsea vs Liverpool di Stamford Bridge (6/2). Ada juga informasi tentang Sunderland yang takluk 2 – 3 di kandang Stoke City. dari Liga Spanyol ada berita tentang pelatih Real Madrid yang katanya sudah merasa cocok dengan striker barunya, Emmanuel Adebayor. Liga Italia, ada Inter Milan yang bersiap menjamu AS Roma di Stadion Giuseppe Meazza, Milan (6/2).

Halaman berikutnya :

Tren : Aksen : Pegelaran Adi Busana Paris Houte Couture Spring/Summer 2011

Tren : Desain : Nuasa Cina dalam ruangan.

Tren : Hobi & Komunitas. Ada tentang Komunitas Seramamania. Komunitas Pecinta Ayam “Sombong”.

Tren : Buku : ada 2 resensi buku. Buku pertama berjudul : Political Reform in Indonesia After Soeharto yang ditulis oleh Harold Crouch. Penerbit ISEAS, Singapura. 2010. buku kedua berjudul : Kumpulan Surat Romo Drijarkara, SJ, disunting oleh F Danuwinata, SJ. Penerbit : Pusat Pengkajian Filsafat & Pancasila, 2010.

Tren : Hiburan : Musik : tentang Addie MS bersama Twilite Orchestra dan Pianis Levi Gunardi yang mengelar konser musik “Cantabile”, Kamis 27 Januari 2011 di Balai Sarbini Jakarta.

Tren : Hiburan : Review Film : The Green Hornet.

Tren : Santap : tentang Farmers Market, pasar sekaligus tempat makan dari berbagai bangsa di Los Angeles (LA) Amerika Serikat.

Seni : ada cerpen berjudul : Kain Perca Ibu oleh Andre Aksana. Ada Esai : Proses Bunuh Diri Dari Bahasa oleh Afrizal Malna.

Seni : Teater : Pergelaran Laksamana Cheng Ho yang dipentaskan oleh Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU).

Seni : Pameran Lukisan Tunggal oleh Ketut Budiana (60) kelahiran Padang Tegal, Ubud, Bali yang bertempat di Bentara Budaya Bali (BBB), 28 Januari – 7 Pebruari 2011.

Seni : Puisi : Ne Made Purnamasari & Ook Nugroho.

Persona : Jalaluddin Rahmat. Profil & Wawancara dengan judul : Menuju Agama Madani.

Nama & Peristiwa : ada aktris cantik Michelle Williams (30) yang kembali menjadi nomine penghargaan Oscar dalam filmnya, Blue Valentine. Kemudian, ada penyanyi Yuni Shara, yang kabarnya untuk pertama kali bermain dalam film layar lebar lewat Rumah Tanpa Jendela, arahan sutradara Aditya Gumay.

Urban : Sosialita : tentang mimpi Novita Tandry (39) Managing Director Tumble Tots Indonesia.

Urban : Aku & Rumahku : Rumah Pusaka, Pondok Jati Rasa, milik Farsijana Adeney-Rissakotta.

Kehidupan : Tentang Operasi Plastik, testimoni dan kecantikan mencari kebanggan lewat tubuh.

>>> Kompas, tanggal 7 pebruari 2011

kembali ke “berita-berita berat”. Di hari senin, surat kabar kompas kembali didominasi berita politik, hukum, kriminal dan ekonomi. halaman depan, headline kembali tentang krisis yang terjadi di mesir. Saya kembali tidak ingin membahas masalah politik cs. Saya langsung lompat ke halaman ilmu pengetahuan & teknologi. Ada informasi menarik dari ranah kesehatan yang menyoroti masalah kematian mendadak setelah berolah raga. Untuk “menghindari” kematian mendadak setelah berolah raga kita dianjurkan untuk memilih olah raga yang sesuai usia dan kondisi fisik.

berpindah ke halaman pendidikan & kebudayaan, ada cerita tentang penerbit buku yang menghadapi kenaikan harga kertas, mahalnya biaya distribusi dan terpuruknya penjualan buku cetak bersiasat dengan melakukan penjualan buku melalui internet atau secara online.

Lompat ke halaman olah raga, ada berita hasil pertandingan di liga inggris, yaitu : MU tumbang di kandang Wolverhamton Wanderers 1 – 2. hasil imbang Arsenal kontra Newcastle, Manchester City memukul West Bromwich Albion, 3 – 0. dari berita Liga Spanyol, Barcelona pecahkan rekor Real Madrid melalui hattrick Lionel Messi (23) ke gawang Atletico Madrid (5/2) di stadion Nou Champ.

Ada berita menarik, dari lomba lari. Pelari dari Etiopia, Dejen Gebremeskel, menyelesaikan lomba lari nomor 3.000 meter Grand Prix Boston, Amerika Serikat hanya dengan satu sepatu. Kok bisa ya… diceritakan sepatu Gebremeskel terlepas tidak lama setelah putaran pertama. Namun, Gebremeskel memaksa menyelesaikan 14 putaran sisa untuk unggul 0,44 detik atau hanya sekitar satu kedipan mata, terhadap lawannya yang difavoritkan juara Mohammed “Mo” Farah asal Inggris.

Pindah ke halaman nama & peristiwa, ada cerita dari cewek cantik Intan Nuraini yang katanya ikut bangga atas kesuksesan film layer lebar berjudul : Baik-baik Sayang. Dalam film itu, Intan berperan sebagai Westi, pacar Faank, salah satu personel Band Wali. Kemudian ada juga tentang Pandji Pragiwaksono yang sedang mempromosikan album baru dan membagikan secara gratis e-book terbarunya di internet. lanjut, ada tentang Andrea Hirata dengan karyanya tetralogi Laskar Pelangi yang sudah diterjemahkan ke dalam 18 bahasa. Wow mantap…salut dan selamat berbahagia deh untuk Andrea Hirata…

Koran lokal : Banjarmasin Post, senin 7 pebruari 2011.

Berita tentang politik dan kriminal menghiasi halaman depan surat kabar BPost senin, 7 pebruari 2011 ini. saya malas untuk menuliskannya. saya berpindah ke halaman lain saja, mencari berita selain tentang politik, hukum, ekonomi dan kriminal.

dihalaman 5, super ball & Style. Ada berita hasil Liga Inggris. MU yang ditundukkan Wolverhamton Wanderers 1 – 2 di stadion Molineux (6/2). Liga Spanyol hasil pertandingan antara Barcelona versus Atletico Madrid, 3 – 0. (5/2) di stadion Nou Champ. Liga Seri A Italia, Juventus yang membungkam tuan rumah Cagliari 3 – 1.

Yang menarik dari berita sepak bola dihalaman ini adalah tentang Pelatih Jose Mourinho. Diceritakan bahwa Jose Mourinho mengakui superioritas Barcaleno musim ini, namun disisi lain, Mou masih memiliki kepercayaan kalau peluang El Real untuk mengejar sang rival masih terbuka lebar.
“masih ada 16 partai lagi, artinya masih ada banyak poin yang bisa kami raih. Saya tak peduli dengan perbedaan poin di antara kami. Barcelona memang favorit, tapi secara matematis kami masih memiliki peluang cukup besar” kata Jose Mourinho.

Dihalaman berikutnya, sport style, ada berita tentang Claudine Keane, David Beckham, Justin Bieber, Monisha Kaltenborn dan petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova dengan aktivitas mereka masing-masing. Sebelum saya mengakhiri tulisan ini, dihalaman 11 Bpost, ada pemandangan indah yang menyegarkan mata, ada foto aktris cantik dari Holywood, Kim Kardashian. Asli langkar banar…he…he…

Mandala/7/2/2011

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: